Morfologi Dan Klasifikasi Pohon Damar

Tanaman resin adalah produk non-kayu yang digunakan oleh getah. Damar sering digunakan untuk bahan cat, bahan kemasan untuk kabel kapal atau untuk pembuatan kapal.

Damar memiliki dua jenis, masing-masing dengan kualitas yang berbeda, yaitu batu resin berkualitas rendah dan hitam-cokelat.

Morfologi Dan Klasifikasi Pohon Damar

Resin tersebut adalah resin cat-eye, yaitu kuning dengan warna jernih atau kekuningan, yang berkualitas baik dan sebanding dengan Kopal.

Artikel berikut, bagaimanapun, tidak hanya mencakup resin, tetapi juga klasifikasi dan morfologi tanaman resin.

Klasifikasi tanaman resin

Kerajaan: Plantae

Subkingdom: tracheobionta

Divisi Super: Spermatophyta

Departemen: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subclass: Dilleniidae

Pesan: Theales

Keluarga: Dipterocarpaceae

Genus: Shorea

Spesies: Shorea hopea

Morfologi tanaman damar

Akar Pohon Damar

Sistem akar tanaman damar adalah akar tunggang, yang ukurannya horizontal dan bentuknya vertikal. Akar utama berbentuk kerucut dan dikelilingi oleh akar besar dengan akar lurus.

Selain akar utama, ada sejumlah kecil rambut akar. Saat pohon matang, akar utama panjangnya sekitar 3 meter, sedangkan serat akar bisa mencapai 10 meter.

Namun, cabang tua jarang memiliki cabang halus seperti pohon muda. Di ujung akar ada jaringan tanaman yang dilindungi, tutup akar dengan permukaan berlendir.

Lendir di bagian atas akar ini sebagai pelumas akar saat menembus tanah agar akarnya tidak rusak.

2. Batangnya

Resin digolongkan sebagai pohon besar dengan tinggi hingga 60 meter dan diameter 150 cm hingga 200 cm. Batang tanaman monopodial damar lurus, tetapi kadang-kadang mereka juga sedikit berubah dan tidak mendukung.

Damar juga memiliki kulit setebal 1 – 2 cm, yang berwarna abu-abu kecokelatan. Tanaman resin memiliki mahkota kerucut yang lebar dan ketika tanaman muda sangat padat.

Ketika pohon itu tua, bagaimanapun, itu agak tipis dan horisontal. Di pohon-pohon muda, cabang-cabang tampak melingkari batang pohon. Kulit damar mengandung flavonoid, tanin, dan polifenol.

3. Meninggalkan

Tanaman resin memiliki posisi daun tunggal berpasangan. Namun, dengan cabang-cabang muda, daun mengumpul di ujung.

Daunnya lonjong dan tidak jarang berbentuk elips dan pipih. Jika Anda lihat, perbandingan lebar dengan panjang daun adalah 1: 3 sampai 1: 6.

Panjang lembar adalah 7,5-12 cm dengan lebar 2 – 3,5 cm. Daun tanaman damar sering digunakan sebagai obat luka.

Lembaran resin dicuci bersih dan kemudian dihaluskan halus. Setelah dihaluskan, lembaran resin ditempatkan pada luka dan kemudian dibungkus dengan kain bersih.

4. Bunga

Tanaman resin dapat mekar di sepanjang daun, terutama pada bulan Februari-April atau Agustus-Oktober. Tanaman ini memiliki bunga dengan alat kelamin terpisah antara pria dan wanita.

Bunga jantan berada di ujung (ketiak) dari sumbu daun. Bunga jantan memiliki batang bunga silindris pendek dengan panjang 3-5 cm dan diameter 15 mm.

Permukaan bunga jantan ditutupi dengan sisik yang terlihat seperti sendok makan dan disusun seperti batu bata di atap rumah. Bunga jantan silindris dengan ujung runcing.

Sementara itu, bunga betina berbentuk bulat dengan panjang 6-8 cm dan memiliki diameter 6-7 cm. Sisik pada bunga betina juga teratur disusun dengan ujung segitiga.

5. Buah

Buah dari tanaman kerucut berbentuk kerucut dan permukaannya ditutupi dengan sisik berlapis, yang disusun seperti atap ubin (imbricubus) sehingga mereka membentuk spiral yang mengelilingi batang berbentuk tongkat.

Buah damar memiliki pulp yang tebal dan ada biji di dalamnya. Buah ini memiliki ukuran sekitar 6 mm dan berwarna putih kekuningan.

6. Biji

Benih-benih tanaman resin memiliki bentuk bulat dengan panjang 10-11 mm, lebar 8 mm dan sayap. Biji berwarna coklat dan tertanam di kerucut.

Benih segar dan baru dipetik memiliki tingkat perkecambahan 90-100%, tetapi setelah 1 minggu penyimpanan, tingkat perkecambahan turun menjadi 80-90%.

Bijinya juga kering karena angin, perkecambahannya 80-90%. Biji resin harus ditanam ketika masih segar atau disimpan selama 6 minggu. Ini karena kecambah tidak berkecambah pada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *