Masjid Terapung Gedebage BakalJadi Simbol Paling baru Kota Bandung

Jawa Barat akan selekasnya memiliki masjid besar serta istimewa yang akan jadi arah banyak pelancong. Namanya Masjid Agung Al-Jabbar. Mengenai, nama Al Jabbar diambil dari salah satunya antara 99 Asmaul Husna yang berarti Maha Gagah, Maha Kuasa. Design masjid sekarang ini telah bertumbuh serta lebih inovatif. Tidak cuma di Indonesia, design rumah beribadah umat Muslim di penjuru dunia juga makin tidak biasa, serta spesial. Sejumlah besar masjid-masjid itu dibuat dengan pendekatan langgam kekinian kontemporer. Serta seringkali, design masjid-masjid itu diganjar penghargaan arsitektur atau direncanakan oleh arsitek kelas dunia, seperti tiga masjid berikut ini:

Masjid yang sedang dibuat ini diperkiraka memiliki 60 ribu jamaah serta terdapat di kelurahan Cimenerang, kecamatan Gedebage, kota Bandung. Peletakkan batu pertama dilaksanakan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur serta Wakil Gubernur Jawa Barat saat itu, Ahmad Heryawan serta Deddy Mizwar. Masjid ini dibuat di atas danau bikinan, hingga seringkali disebutkan dengan Masjid Terapung Gedebage. Dikutip dari dream.co.id serta beberapa sumber yang lain, masjid ini akan diperlengkapi bermacam sarana untuk pekerjaan ceramah Islam seperti museum.

“Kelak di sini dapat untuk manasik, ada pula Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, riwayat Islam Indonesia, riwayat Islam Jawa barat. Ada pula tempat untuk bermalam, training, perpustakaan, tatap muka serta seminar,” tutur Ahmad Heryawan pada 2017. Masjid istimewa ini dibuat memakai APBD Jawa Barat 2017, banyaknya diprediksikan capai Rp 600 miliar sampai Rp 1 triliun. Kecuali digunakan untuk membuat masjid, danau bikinan ini direncanakan untuk penuhi keperluan air baku Kota Bandung sama dengan 15 mtr. kubik per detik. Ada 21 hektare keseluruhan tempat yang dibebaskan, 10 hektare salah satunya dipakai untuk tubuh air danau bikinan Gedebage dengan kedalaman 3 mtr. serta dapat memuat air hujan. Masjid yang dipercaya akan jadi simbol paling baru kota Bandung ini diprediksikan akan selesai serta diresmikan pada 2020. Masjid ini dekat sama beberapa fasilitas transportasi, diantaranya Stasiun Cimekar, jalan yang akan dilalui kereta cepat Jakarta-Bandung, serta gagasan stasiun LRT kota Bandung. Masjid ini diperkirakan bisa menjadi pusat kesekretariatan organisasi masyarakat Islam di propinsi Jawa Barat serta museum AlQuran.Danau bikinan yang dibuat paralel dengan pembangunan masjid mempunyai peranan pengontrol banjir, sumber air, serta konservasi habitat

One Reply to “Masjid Terapung Gedebage BakalJadi Simbol Paling baru Kota Bandung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *