Jenis-Jenis Buah Naga

Mungkin yang anda tahu tentang buah naga yakni dengan daging bagian dalam nya berwarna putih dan merah. Namun, perlu anda ketahui juga bahwa terdapat 1 jenis buah naga yang memiliki daging berwarna hitam? Bagaimana bisa? Tampilan buah naga hitam ini tergolong sangat unik. Mempunyai bentuk buah yang lonjong bulat dan cukup memikat untuk dilihat, mirip sekali dengan buah nanas. Warna kulitnya merah jambu dan mempunyai sulur di sekujur kulitnya. Jika dibanding buah naga merah ataupun putih, rasanya lebih manis. Berat rata-rata buah naga hitam ini mencapai 300—900 gr.

Jenis-Jenis Buah Naga

Namun,meski demikian untuk saat ini persebaran akan tumbuhnya buah naga ini telah mencakup ke berbagai negara lain yang ada di dunia termasuk juga di negara Indonesia. Buah naga sendiri juga sangat banyak digemari karena memiliki rasa yang khas dan tentunya menyegarkan. Saat ini, di berbagai belahan dunia telah mengenal setidaknya ada 4 varietas unggul dari buah naga ini,antara lain Hylocereus Undatus, yakni jenis buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buahnya berwarna putih cerah.

Baca Juga: Khasiat Utama Melinjo

Lalu yang Kedua, adalah jenis Hylocereus Polyrhizus yang mempunyai buah berwarna merah muda dengan daging buah merah tua. Lalu jenis yang Ketiga adalah Selenicereus Megalanthus dengan kulit buah berwarna kuning cerah sedangkan daging buahnya putih pucat. Yang terakhir adalah jenis Hylocereus Costaricensis, buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buah merah pekat. Varietas yang terakhir inilah yang disebut The Black Dragon Fruit atau Buah Naga Hitam.

Buah naga hitam ini sebenarnya adalah jenis buah naga biasa dengan bagian daging berwarna merah. Namun, akibat adanya penggunaan pupuk khusus yaitu jenis pupuk natural hitam (campuran antara kotoran sapi, ampas jamu, cengkok cengkeh atau cengkeh sisa dari pabrik rokok, dolomit, dan abu sekam) maka penggunaan pupuk semacam ini akan merangsang untuk perubahan warna daging dari merah menjadi hitam pekat.

Fermentasi cengkok cengkeh atau cengkeh yang di dapat dari sisa pabrik rokok inilah yang membuat daging pada buah naga didominasi oleh warna hitam pekat. Dengan adanya fenomena semacam itu,maka kebanyakan Orang akan menyebutnya dengan sebutan buah naga daging hitam.

Secara umum, buah naga hitam sama saja dengan buah naga pada umumnya. Pada bagian kulit buah naga ini dominan berwarna merah gelap lengkap dengan bagian sisik yang berukuran besar yang khas dengan buah naga. Demikian halnya dengan pohon,juga tidak jauh berbeda dengan pohon  buah naga pada umumnya. 

Perbedaan utama buah ini satu-satunya hanya pada warna dagingnya yang sebenarnya tidak hitam, tetapi warna merah yang sangat pekat dan sudah dikategorikan menjadi warna hitam. Sementara itu, untuk sistem budidaya buah naga hitam ini setidaknya kurang lebih hampir sama dengan budidaya buah naga lainnya. Hanya saja, penggunaan pupuk hitam merupakan poin utama yang membedakannya dengan budidaya buah naga dengan jenis dan varietas lainnya.

Banyak manfaat yang bisa diambil jika anda rajin untuk  mengkonsumsi buah naga hitam, yakni dapat menurunkan kolesterol secara optimal, menyeimbangkan kadar gula di dalam darah, menurunkan demam berdarah dengan cepat, pencegah kanker yang sangat mutakhir.

Serta menjadi pelindung kesehatan pada rongga mulut, mencegah terjadinya kanker usus, menguatkan fungsi ginjal, tulang dan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mencegah pendarahan dan obat keputihan, mengobati sembelit, meredakan gejala hipertensi dan yang terakhir dapat memperhalus kulit wajah dan secara ampuh mampu membasmi sel-sel kulit mati.

BUAH NAGA KUNING

Buah Naga Kuning atau yang dalam bahasa latin disebut Pitaya yeloies merupakan salah jenis satu varian unggul dari buah naga yang mana jenis yang satu ini mempunyai warna kuning cerah dengan bagian daging buah berwarna putih tulang.

Jenis buah naga ini sebenarnya masih saudara dengan beberapa jenis tanaman kaktus, yang mana berasal dari negara Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Asal usul dari kata Buah Naga Kuning ini berasal dari kebudayaan orang Vietnam dan Cina yang sering meletakkan buah ini di antara kedua patung naga pada meja altar, dari sanalah muncul kata thang loy yellowash (Buah Naga Kuning).

Setelah itu diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Inggris sebagai the yellow dragon fruit atau Buah Naga Kuning.

Buah Naga Kuning merupakan sub spesies dari buah naga pada umumnya,yang mana buah naga kuning ini  merupakan varian yang rendah kalori, dan juga banyak mengandung berbagai macam gizi seperti fosfor, protein, kalsium, fiber, antioksidan, vitamin B, dan C.

Selain bisa langsung dimakan, Buah Naga Kuning juga banyak dijadikan campuran dalam pembuatan kue, jus, salad, buah untuk diet, sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Adapun ciri – ciri umum Buah Naga Kuning antara lain:

● Bentuk pohonnya berjenis kaktus. Terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan daun.

● Akarnya berbentuk serabut yang berkembang di dalam tanah dan ada juga pada batang atas sebagai akar gantung. Akar yang tumbuh pada batang terletak di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang.

● Bunganya mekar menjelang senja saat kuncup telah mencapai 30 cm, malam sekitar pukul 9 barulah mahkota bunga yang berwarna krem mekar. Kemudian disusul mahkota bagian dalam yang berwarna putih meliputi benang sari yang berwarna kuning. Saat tengah malam barulah bunga yang bentuknya seperti corong akan terbuka. Oleh sebab itu di juluki night blooming cereus. Bunga Buah Naga Kuning menyebarkan bau yang harum, hal ini untuk mengundang kelelawar dalam proses penyerbukan (sampainya serbuk sari pada putik).

● Bentuk buah naga kuning ini sangat unik, yang mana di sekitar kulit buah terdapat jumbay – jumbay yang sangat mirip sisik naga. Buah terdiri dari kulit dan daging yang mempunyai biji kecil – kecil berwarna hitam dan dapat dimakan.

● Batang buah naga kuning ini dominan berbentuk segitiga, dengan lapisan bagian duri yang cukup pendek sehingga dengan tampilan seperti itu sangat mirip dengan tanaman kaktus tak berduri.

Ada beberapa varietas spesis Buah Naga Kuning, yaitu:

● Hylocereus polyrhizus (Buah Naga Red Super dengan kulit luar berwarna merah dan daging berwarna merah)

● Yellow cereus undatusic (Buah Naga Kuning dengan kulit berwarna kuning dan daging berwarna putih)

● Red Velvet cereus costaricensis (Buah Naga Merah dengan kulit luar dan dalam  berwarna merah menyala dan daging berwarna merah gelap)

Budidaya tanaman Buah Naga Kuning ini juga  sebenarnya tidak membutuhkan area lahan yang cukup luas,yang mana dapat anda lakukan dengan cara menanam Buah Naga Kuning  dengan daunnya (berbentuk kaktus) atau bisa juga dari bijinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *